Senin, 22 Desember 2014

Sejarah Kalimaro

Kalimaro adalah sebuah desa di Kecamatan Gebang , Kabupaten Cirebon , Provinsi Jawa Barat , Indonesia. Desa Kalimaro di bagi menjadi 3 Dusun (Blok), yaitu: -Dusun I (Blok Desa/Masjid) -Dusun II (Blok Gudang) -Dusun III (Blok Pabrik [Pabrik Kulon dan Pabrik Wetan). Desa Kalimaro terletak berada di tengah antara desa Gebang Kulon (Sebelah Utara), desa Gagasari (Sebelah Barat), desa Kalimekar (Sebelah Selatan), dan Jalan Raya Babakan-Gebang (Sebelah Timur). (Jika ingin lebih jelas lagi dengan cara: 1.buka google.com, 2.ketik desa kalimaro dan search, disitu akan terpampang banyak pilihan, anda klik pada judul "peta desa kalimaro" disitu akan terlihat dengan jelas semua perumahan desa kalimaro)
Letak geografis desa Kalimaro antara 6° 50' 14.6" (6.8374°) lintang selatan dan 108° 42' 28.8" (108.708°) bujur timur. Wilayah desa Kalimaro meliputi daerah persawahan dan pertanian sebagai mata pencaharian sebagian besar penduduk menetapnya. Bahasa sehari-hari penduduk desa Kalimaro yaitu bahasa jawa-kejawen cirebon. Sebagian besar kepercayaan penduduknya beragama Islam. Adat istiadat penduduk desa Kalimaro meliput tata cara Islam dan tradisi dari para pendahulunya yaitu adat jawa. Tradisi yang sampai sekarang masih dilakukan oleh warganya yaitu: 1. Haul, yaitu acara syukuran dan kirim doa untuk leluhur/keluarga yang sudah meninggal, dilakukan setiap 1 kali dan setahun menjelang 1 hari sebelum awal bulan Ramadan. 2. Pengajian Mingguan, dilakukan setiap hari Minggu pada hari. 3. Kliwonan, dilakukan sebulan sekali pada malam Jum'at kliwon. 4. Muludan, dilakukan setiap pada peringatan hari Maulid Nabi Muhammad SAW. 5. Muharaman, dilakukan setiap pada peringatan 1 Muharam. Acara yg diselenggarakan yaitu Pengajian Umum. 6. Pesantren Kilat, dilakukan setiap bulan Ramadhan diikuti oleh Iremas Kalimaro. 7. Takbir Keliling, dilakukan setiap malam takbiran di akhir bulan Ramadhan. 8. Arak-arakan, dilakukan setiap tahun di malam Lebaran sebagai pestanya rakyat Kalimaro. 9. Halal Bi Halal, dilakukan setiap Lebaran. 10. Holliday Cup, yaitu acara turnamen sepakbola seluruh pelajar Kalimaro dari SD sampai SMA dilakukan setiap libur sekolah pertengahan tahun. dan masih banyak lagi.
Sejarah Desa Kalimaro
Kalimaro berasal dari kata "Tiang Kalimah Loro", yang berarti 2 kalimat sahadat. Arti itu diambil berdasarkan sebagian besar penduduk tersebut beragama Islam, karena budaya Islam tersebut sangat melekat bagi para peduduknya sehingga dulu pun pernah dijuluki sebagai "Kampung Arab". Desa kalimaro berdiri sekitar abad 18 tepatnya pada tahun 1808 M yang didirikan oleh ulama-ulama dari perantauan Keraton Cirebon. Dan pada 1810 desa Kalimaro di pimpin oleh Bpk. Oloh sebagai kepala desa (kuwu) pertama. Di desa Kalimaro terdapat seorang warganya yang pertama kali menciptakan Burok yaitu abah Kalil Burok merupakan salah satu kesenian budaya asli wong Kalimaro yang di buat pada sekitar tahun 1934 yang awalnya bernama BADAWANG (boneka berukuran besar).Mungkin banyak yang tidak tahu tentang sejarah burok tetapi memang benar adanya bahwa pencipta burok itu adalah salah seorang dari warga kalimaro yang kini sangat diminati oleh seluruh masyarakat Cirebon sebagai tanggapan dalam acara khitanan.
Organisasi Pemuda Kalimaro
Di desa Kalimaro sudah berdiri organisasi masyarakat yaitu "Karang Taruna". Organisasi ini mengelola semua kegiatan para pemuda dalam segi olahraga, sosial, budaya ataupun sebagainya, dan hasilnya berdirilah tim sepakbola di kalimaro yaitu FORTUNA FC yang didirikan oleh Rima Jaya Group dan diketuai Bpk. Mulyadi yang berdiri pada awal tahun 2000. Dan pada tahun 2010 sudah berubah nama menjadi KALIMARO FC yg dikelola oleh Bpk. Andi cs. Organisasi lainnya yaitu organisasi Iremas (Ikatan Remaja Masjid) yang mengelola semua kegiatan keagamaan. Adapun organisasi online melalui media sosial facebook di grup Forum Komunikasi Masyarakat Kalimaro (FORKOMAK) yang berbagi aktivitas dan diskusi antar anggota untuk menyusun kegiatan di desa Kalimaro serta media untuk bersilaturahmi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar